Cara Merawat Tas Kulit Supaya Tahan Lama & Awet

Hampir setiap orang mempunyai satu atau dua tas untuk memudahkan dalam membawa barang-barang. Entah itu tas ransel, tas slempang atau tas model lainnya. Selain dimanfaatkan sebagai tempat untuk membawa barang-barang. Tas juga dimanfaatkan sebagai pelengkap fashion ketika bepergian. Dalam produksinya, tas bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan. Mulai dari bahan spunbond, canvas, sampai dengan bahan kulit hewan. Salah satu tas yang cukup banyak peminatnya dan digemari karena keawetannya adalah tas kulit. Banyak orang memiliki tas kulit untuk kebutuhan pelengkap fashion dan kebutuhan pekerjaan.

Tas kulit

6 Tips Merawat Tas Kulit Supaya Lebih Awet

Untuk melakukan pemesanan tas kulit sendiri pun sudah bukan hal sulit lagi. Karena sudah banyak tempat yang menjual tas kulit, baik online atau offline. Setelah Anda mendapatkan tas kulit yang diinginkan. Bukan berarti Anda tidak merawatnya meskipun bisa tahan lama. Jika Anda merasa kesulitan untuk merawat tas kulit bagaimana. Berikut ini ada beberapa caranya.

  1. Jangan Dijemur

Berbeda dengan menjemur pakaian, Anda tidak perlu menjemur tas kulit dibawah sinar matahari. Cukup didiamkan dalam ruangan sejuk dan tidak lembab. Setelah kering bisa dimasukkan ke dalam kotak atau dust bag dan ditambahkan gel silika. Hal ini dimaksudkan supaya tidak timbul jamur. Apabila dijemur secara langsung akan membuat warna tas kulit mulai pudar.

  1. Jangan Menggunakan Tisu Basah

Ketika ingin membersihkan noda pada tas kulit, ada baiknya jangan menggunakan tisu basah. Juga jangan menggunakan cuka atau cairan kimia. Kandungan yang terdapat dalam cuka, tisu basah dan bahan kimia lainnya akan merusak tas kulit. Untuk membersihkannya cukup dengan mencampurkan sabun cari dengan air hangat. Gunakan kain putih halus untuk membuat warna kain tidak luntur. Pembersihan ini pun tidak harus dilakukan setiap hari, cukup dilakukan seminggu sekali.

  1. Jangan Mencuci dengan Detergen

Harus diketahui dengan baik juga bahwa kita tidak bisa menggunakan detergen untuk mencuci tas kulit. Karena kandungan detergen membuat panas tas kulit dan akan berakibat kurang baik pada tas. Seperti mampu menyumbat pori-pori, sehingga tekstur tas kering dan tampak pecah-pecah.

  1. Menggunakan Secara Bergantian

Apabila Anda menyimpan tas kulit terlalu lama, hal ini sebenarnya kurang baik. Karena hal ini malah membuat tas kulit mengelupas. Kelembapan dan kelenturan yang dimiliki oleh tas kulit ini akan semakin berkurang. Untuk itulah, akan lebih baik jika Anda sering mengenakan tas kulit tersebut secara bergantian. Dengan begitu, tas kulit yang dimiliki bisa lebih tahan lama dan awet.

  1. Jangan Menumpuk Tas Kulit

Ada baiknya jika Anda tidak menumpuk tas kulit karena akan merusak bentuk kulit dan tekstur. Ada baiknya jika Anda meletakkan tas kulit dalam posisi berdiri di dalam lemari dan dijejerkan dengan tas lainnya. Dengan cara ini tas kulit yang Anda miliki bisa tahan lama dan awet pastinya.

  1. Hindarkan Tas Dari Debu

Sebaiknya simpan tas ditempat penyimpanan yang bebas dari debu dan kotoran. Apabila diperlukan, buatlah tempat khusus untuk membuat menyimpan tas kulit dari kotoran atau jamur yang bisa membuat rusak. Juga jangan lupa untuk tetap membersihkan tas kulit secara rutin supaya jamu atau debu tidak hinggap.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tas kulit tetap awet dan tahan lama. Semoga bisa membantu Anda.