Cara Mudah Untuk Memilih Tas Kulit yang Asli

Tas menjadi sebuah barang yang penting dibawa saat bepergian. Baik itu ketika pergi kondangan, travelling, kampus, sekolah atau ke mana saja. Seperti fungsinya, tas dimanfaatkan untuk membawa beberapa barang kecil atau barang besar. Untuk jenisnya, tas dibagi menjadi beberapa kelompok. Mulai dari tas slempang, tas jinjing, backpack, dan beberapa jenis tas lainnya. Dari segi bahan yang digunakan untuk membuat tas pun beragam macamnya. Ada dari bahan canvas, kulit dan beberapa jenis bahan kain lainnya. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tas kulit yang banyak dianggap sebagai tas mewah dan prestigious. Namun harus diketahui terlebih dahulu bahwa tas kulit bisa dibuat dari kulit asli maupun kulit sintetis. Jika tas tersebut dibuat dari kulit sintetis, maka harganya akan menjadi lebih murah dibandingkan dengan tas kulit asli.

10 Langkah Mudah Mendapatkan Tas Kulit Asli

Menggunakan tas kulit asli memang akan membuat tampilan menjadi lebih mewah dan elegan. Tidak mengherankan jika banyak wanita atau pria yang mulai membeli tas kulit dari berbagai model. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang yang salah dalam memilih tas kulit asli. Jadi orang-orang ini berakhir dengan kekecewaan. Nah untuk Anda yang tidak ingin mendapatkan tas kulit palsu, berikut ini ada beberapa langkah mudah dalam memilih.

  • Memilih Spesifikasi yang Sesuai

Untuk hal pertama yang perlu diperhatikan dengan baik ketika akan memilih tas kulit adalah spesifikasinya. Anda harus memastikan jika spesifikasi tas kulit yang dipilih sesudah sesuai dengan kebutuhan. Apakah ingin membeli tas jinjing, tas kantor, tas laptop atau tas yang lainnya? Apabila sudah tahu fungsi tas yang akan dibeli, lakukan pertimbangan faktor lain mengenai spesifikasi tas kulit tersebut. Misalnya mempertimbangkan panjang tali tas yang diinginkan, beratnya, atau ukurannya mau besar atau kecil. Hal ini sangat penting karena tidak hanya menunjang fungsi, tetapi juga kenyamanan selama digunakan.

  • Memperhatikan Keaslian Bahan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sedikit, bahwa meskipun disebut tas kulit. Tidak semua tas kulit dibuat dari kulit asli. Mengingat bahan kulit asli sendiri harganya cukup mahal. Untuk tas kulit palsu sendiri pun tampilannya banyak yang mirip dengan tas kulit asli. Jadi untuk membedakannya memang tidak mudah. Akan tetapi ada satu cara yang bisa dipakai untuk membedakan antara kulit asli dan kulit palsu. Yakni dengan memperhatikan tekstur permukaan bahannya. Untuk tas kulit asli umumnya memiliki tekstur tidak beraturan. Sedangkan untuk tas kulit palsu teksturnya lebih rata dan teratur. Juga tas kulit asli biasanya mempunyai sisi belakang lebih kasar, sebab ada pori-pori dan tas kulit palsu belakangnya lebih halus.

  • Perhatikan Warna & Aromanya

Saat hendak memilih tas kulit, Anda bisa memperhatikan dengan baik warna dan aromanya. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa umumnya tas kulit asli mempunyai warna lebih baik dan tidak ada bekas warna saat digosok dengan kain. Ini dikarenakan bahan kulit ini sudah melewati proses pewarnaan yang tahan lama dan tidak berbahaya. Dari segi aroma pun pastinya berbeda dengan aroma tas kulit palsu. Untuk tas kulit asli memiliki aroma bahan penyamak, seperti samak nabati dan krom. Tas kulit palsu umumnya memiliki aroma obat kimia yang belum tentu aman untuk kita sebagai pembeli.

  • Raba dan Perhatikan Permukaan Tas

Yang tidak kalah penting saat memilih tas kulit asli adalah memperhatikan bagian permukaannya. Untuk orang yang sudah pernah membeli tas kulit asli pastinya bisa langsung mengetahui keaslian tas kulit dari meraba bagian permukaannya. Tas kulit asli mempunyai tekstur tidak beraturan sedangkan tas kulit palsu teksturnya rata. Ini dikarenakan bahan kulit palsu dibuat dan dicetak memakai mesin, jadi pola dan tekstur lebih rapi.

  • Tas Kulit Asli Cenderung Lebih Berat

Anda bisa mencoba memperhatikan ukuran dan bobot dari tas kulit yang hendak dibeli. Sebab kedua hal tersebut bisa dijadikan salah satu indikator untuk mempertimbangkan menilai asli atau tidaknya tas kulit tersebut. Untuk bobot dan ukuran tas kulit asli berbeda jika dibandingkan dengan tas kulit palsu. Umumnya tas kulit asli bobotnya lebih berat dan sebaliknya untuk tas kulit sintetis yang lebih enteng. Cara ini bisa dipakai untuk cara tambahan supaya tidak tertipu dengan tas kulit palsu.

  • Perhatikan Legalitas Bahan Kulit

Pada umumnya, tas kulit asli dibuat dari kulit hewan. Seperti kulit sapi dan domba. Namun ternyata masih ada dari kulit lainnya. Yakni kulit banteng, ular, sampai kulit buaya. Untuk ketiga bahan kulit ini tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan bahan kulit sapi dan domba. Namun sayangnya meskipun dibuat dari kulit asli, tetapi cara mendapatkannya bisa berbeda. Ada yang memiliki legalitas resmi, tetapi ada juga yang mendapatkan bahan kulit dengan cara ilegal.

Supaya Anda tidak tertipu dengan tas kulit palsu, ada baiknya memilih tas kulit asli yang memiliki legalitas resmi. Tas kulit yang legal umumnya disertai dengan logo CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) di belakangnya. Logo CITES pun tidak hanya menjamin tas tersebut dari bahan kulit asli, tetapi juga menjamin bahwa proses pengambilan kulit secara resmi dan legal.

  • Mengecek Harga

Perlu diketahui dengan baik bahwa barang yang berkualitas tentunya memiliki harga yang lebih mahal. Tidak mungkin barang berkualitas memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan toko lain. Biasanya tas kulit sintetis memiliki harga yang cenderung lebih murah karena dibuat dari plastik dan material lainnya. Sedangkan untuk tas kulit asli memang dibuat dari bahan kulit terbatas dan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan bahan tersebut. Jadi tidak mengherankan jika tas kulit asli memiliki harga mahal. Mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta untuk satu tas saja.

  • Mengetes Ritsleting

Produksi tas kulit asli berkualitas tentunya membutuhkan ritsleting atau zipper yang baik. Bayangkan jika ritsleting tersebut mudah macet dan mudah rusak. Tentunya akan membuat tas kulit tersebut menjadi cacat dan dipandang sebelah mata. Biasanya untuk ritsleting yang asal-asalan dipakai oleh tas kulit palsu. Untuk ritsleting yang baik bisa membuka tutup selama 10 detik, bila ritsleting tersebut lancar terus, maka bisa dijamin jika tas kulit tersebut benar-benar asli.

  • Membeli Langsung dari Pengrajin

Langkah terakhir untuk bisa mendapatkan tas kulit asli adalah dengan membeli langsung dari pengrajinnya. Sekarang ini sudah banyak pengrajin tas kulit yang bisa dikunjungi. Mulai dari kota Garut, Yogyakarta, dan Bandung. Pastinya dijamin semua produk asli, desain menarik, tidak menipu dan kualitasnya tidak main-main. Ini dikarenakan dikerjakan secara mandiri oleh pengrajin dan membutuhkan kecekatan yang tepat dan tepat tentunya.

  • Dibakar

Bisa dikatakan jika cara ini merupakan cara ekstrim yang dilakukan sebelum membeli tas kulit. Akan tetapi memang cara ini cukup ampuh dipakai untuk mengetahui keaslian dari material kulit. Kulit asli tentunya tidak mudah terbakar meskipun hanya dibakar sebentar. Berbeda dengan kulit sintetis yang mudah sekali terbakar.